Share

Pasar Banjarejo Terapkan Standar Baru

Bojonegoro, 6/3 (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Suyoto, menegaskan, pembangunan pasar yang dilakukan di Kabupaten Bojonegoro, saat ini telah menerapkan standar baru. Yakni, pasar yang benar-benar diperuntukkan bagi masyarakat dan pedagang.

Pria yang akrab disapa Kang Yoto ini menyatakan, keberadaan pasar harus memberikan semangat kepada para pedagang maupun pengunjung sebagai pembeli.

“Bahwa pasar kita adalah pasar yang memenuhi unsur kelayakan dan sehat, serta menarik,” ujarnya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Banjarjo, Kecamatan Bojonegoro, Senin (6/3).

Dia mengatakan, pasar juga harus memiliki udara yang bersih dan terdapat unsur seni. Hal ini agar menjadikan pasar sebagai gerakan peradaban dan gerakan budaya baru di Bojonegoro.

“Sehingga, siapa saja yang berkunjung akan mendapatkan semangat baru bagaimana seharusnya hidup itu membangun sebuah peradaban,” imbuhnya.

Pasar Banjarjo ini, lanjutnya, menjadi stadar baru pasar-pasar tradisional di Bojonegoro. Yakni dengan mengedepankan konsep sebuah pasar yang bersih dan nyaman serta sirkulasi udara yang bagus.

Pasar Banjarejo akan menjadi kiblat bagi pengembangan pasar tradisional lain. Selain gerakan ekonomi, menurut bupati, pasar harus menjadi gerakan kebudayaan memberikan inspirasi yang akan mengubah cara pandang seseorang setelah berkunjung ke pasar ini.

Pasar yang dibangun menggunakan anggaran sebesar Rp18 miliar lebih ini sangat bersahaja dengan alam yang dapat dilihat dari konsep pembangunannya yang membiarkan sirkulasi udara bebas semua dapat dilihat dari detail arsitektur yang demikian sinkron dengan lingkungan Bojonegoro.(dwi/mcb)

Leave a Comment