Share

Pasar Hewan Bojonegoro Diminati Secara Nasional

Bojonegoro (Media Center) – Berlokasi di kawasan Desa Banjarjo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Pasar Hewan Bojonegoro yang beroperasi setiap hari kamis, ternyata diminati oleh penjual dan konsumen sapi dari banyak daerah.

Setiap Hari Kamis, di pasar hewan ini sedikitnya ada sekitar 600 ekor sapi yang dijual. Pembelinya tak hanya dari dalam kota, tapi juga orang-orang dari luar daerah, termasuk Jakarta.

Rehab pasar yang menelan anggaran 1,2 M dari dana APBN dan APBD II itu telah selesai dan dibuka oleh Bupati Bojonegoro, Drs H. Suyoto MSi, sejak tahun 2009 lalu. Pasar Hewan Banjarjo di Kecamatan Kota dilengkapi dengan fasilitas timbangan, ruang konsultasi dokter hewan dan penjualan pakan ternak.

“Dengan ditimbang, baik pembeli maupun penjual sama-sama untung,” kata Suyoto kala itu. Selain timbangan, para peternak dan pembeli juga bisa memeriksakan hewan ternaknya agar diketahui kesehatannya.

Hal ini dilakukan, agar mereka bisa mendeteksi sejak dini bila hewan ternak tak sehat atau terjangkit penyakit tertentu. Karena Pasar Hewan Banjarjo hanya buka setiap Hari Kamis, praktek dokternya juga hanya sekali dalam sepekan pada hari yang sama. (ramcb)

 

 

Leave a Comment