Share

Pawai Tingkat TK/PAUD Bojonegoro Meriah

Bojonegoro (Media Center) – Pawai atau karnaval tingkat Taman Kanak-kanak (TK) maupun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur berlangsung meriah, Sabtu (5/9). PAwai yang diikuti 36 peserta dari PAUD se-Kabupaten Bojonegoro ini banyak mengusung tema potensi lokal Bojonegoro seperti legenda Mliwis Putih, Angling Darmo hingga hutan jati Bojonegoro.

“Tahun ini difokuskan tema potensi Bojonegoro, meski banyak juga peserta yang mengambil tema kebudayaan nasional,” terang salah satu juri, Burhanudin Joe.

Proses penilaian, lanjut dia, dilihat dari beberapa poin. Diantaranya adalah pemilihan dan penyusunan materi termasuk alur cerita yang dituangkan dalam sinopsis, kreatifitas artistik yang tentu saja sesuai dengan materi Local wisdom yang telah ditentukan.

Kemeriahan pawai tingkat TK/PAUD ini tampak dari barisan peserta yang tak hanya longmarch menggunakan kostum yang menarik. Tetapi juga menggunakan kendaraan yang dihias dengan berbagai tema seperti, becak yang dimodifikasi menjadi singgasana, kayangan api hingga hewan legenda mliwis putih.

Ratusan peserta baik yang berjalan kaki maupun menaiki becak dalam pawai ini harus melalui rute sepanjang 2 kilometer dengan start di Jalan Mas Tumapel dan memutar Alun-alun Bojonegoro melewati Jalan Imam Bonjol – KH Hasyim Asyari – Panglima Sudirman – AKBPM Soeroko – Imam Bonjol dan finish di Kantor Pemkab Bojonegoro.

Pawai ini menjadi agenda tahunan yang masuk dalam rangkaian peringatan HUT RI yang ke-70 sekaligus Hari Jadi Bojonegoro (HJB) yang ke-338. Tak hanya pawai tingkat TK/PAUD, pawai tingkat SD dan SMP akan digelar Minggu (6/9) juga pawai tingkat SMA dan umum yang dijadwalkan pada 3 Oktober mendatang.(lya/*mcb)

Leave a Comment