Share

Pekerja Tambang Minyak di Bojonegoro, Digoyang Oplosan

Bojonegoro (Media Center) – Ratusan pekerja tambang minyak tradisional, serentak bergoyang oplosan. Menyusul kunjungan tim pelangi di petak D 138, wilayah pertambangan minyak tua yang ada di Desa Hargomulyo, Kecamataan Kedewan, Bojonegoro (29/12/2013).

“Sudah seminggu lalu persiapannya,” jalas Tarmizi, salah satu pekerja tambang minyak peninggalan belanda di kawasan tersebut. Meski demikian, sebagian pekerja di kawasan tersebut mengaku tidak tahu persis mengenai acara yang digelar sejak siang hari hingga menjelang sore.

Berbeda dengan kunjungan sebelumnya, bila di Kebun belimbing, Desa Ngringinrejo, Kalitidu, sebagian besar menanyakan kedatangan artis Cornelia Agatha, para pekerja tambang di tempat tersebut ternyata menanyakan kehadiran sosok yang berhubungan dengan pekerjaannya.

“Katanya ada menteri pertambangan ya ?” tanya yang lainnya. Saat dijelaskan bahwa yang datang adalah Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM), beberapa langsung bergegas mendekati pusat kegiatan.

Tim pelangi yang datang berkunjung ke Bojonegoro, diantaranya adalah Garin Nugroho (Sutradara Film), Cornelia Agatha (Aktris dan Seniman) dan rombongan wartawan ibu kota, tampak pula Wamen ESDM, Susilo Siswoutomo, petinggi SKK Migas, Pejabat Perhutani, Bupati Bojonegoro, serta sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

“Setelah dari Kedewan, kita akan ke Kahyangan Api sampai malam nanti,” jelas Kusnandaka Tjatur, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro. Tim pelangi, terkait kunjungannya ke Bojonegoro, mengaku membawa misi pelestarian budaya dan lingkungan. (ramcb)

Leave a Comment