Share

Pelajari e-Government, Pejabat Pemkab Kendal Kunjungi Bojonegoro

Bojonegoro, 16/6 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu kabupaten yang sering dikunjungi oleh kabupaten/kota yang ingin mempelajari tentang keterbukaan pemerintahan (Open Government). Kali ini, Bojonegoro menerima kunjungan dari pejabat Eselon II dari Kabupaten Kendal yang berada di Bojonegoro selama dua hari, Kamis-Jumat (15-16/6).

Astuti Patiningrum, staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Kendal mengatakan, dalam kunjungan ke Bojonegoro ini, bertujuan untuk study komparasi tentang e-Government dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Kami juga mengunjungi agro wisata belimbing untuk melihat langsung praktek keterbukaan informasi di masyarakat,” lanjutnya pada kanalbojonegoro.com, Jumat (16/6).

Sementara itu, Bambang, Asisten administrasi umum menyatakan kekagumannya setelah mengunjungi agrowisata belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu.

“Desa ini bagus, ini mengispirasi kita. Di Kendal ada seperti ini tetapi milik pribadi dan buahnya tidak spesifik,” imbuhnya.

Kunjungan ke ringinrejo ini untuk melihat praktek keterbukaan pemdes mulai dari publikasi melalui baliho dan webdes tentang APBDes dan penggunaannya, sampai dengan praktek terjadinya agro belimbing yang mengkolaborasikan petani/masyarakat, pemdes dan pemkab.

“Kita kagum dengan transparansi mulai dari pemkab sampai pemdes Bojonegoro,” lanjut Bambang.

Dalam kunjungan ini juga diikuti oleh Dwianto staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik Kabupaten Kendal, serta Cipto wahono staf ahli bidang pembangunan dan keuangan Kabupaten Kendal yang memborong belimbing dari para petani setempat.

Di awal kunjungan, pejabat Pemkab Kendal telah menerima penjelasan dari Staf Ahli Bidang Pembangunan Setda Kabupaten Bojonegoro, Tedjo Sukmono tentang praktek open government yang dilakukan sejak 2008 yang diawali dengan dialog jumat yg saat ini sudah 198 episode. Selain itu juga ada beberapa regulasi lokal tentang open government, aktivasi PPID maupun aplikasi siap lapor.

Kunjungan selama dua hari ini juga dimanfaatkan oleh pejabat Pemkab Kendal untuk mengikuti menejemen review pemkab Bojonegoro yang digelar setiap Jumat pagi.(mcb)

Leave a Comment