Share

Pembentukan Komisi Film Daerah Bergantung Daerah

Bojonegoro, 20/11 (Media Center) – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia meyatakan program pembentukan Komisi Film Daerah Bojonegoro, Jawa Timur, bergantung kesiapan daerah karena terkait dengan kebutuhan.

“Ya bergantung daerah untuk membentuk komisi film daerah. Bekraf hanya sebagai fasilitator,” kata Kasubag TU Hubungan Antarlembaga Dalam Negeri Bekraf Heykal di Bojonegoro, Minggu (19/11).

Ia yang didampingi Ketua Bidang Promosi Badan Perfilman Indonesia Lalu Rois Amri datang ke Bojonegoro untuk melakukan supervisi pemetaan lokasi.

Selain Bojonegoro, lanjut dia, bekraf juga memprogram empat daerah lainnya yaitu Banyuwangi, Jawa Timur, Bandung, Yogyakarta, dan Siak Riau, membentuk komisi film daerah.

Yang jelas, menurut dia, penetapan lima daerah di Tanah Air untuk membentuk komisi film daerah dengan pertimbangan potensi daerah setempat. Selain itu juga komitmen pimpinan lima daerah daerah setempat dalam mendukung pengembangan potensi daerah melalui dunia film.

“Lima pimpinan daerah yang menjadi percontohan pendirian komisi film daerah sudah menandatangani nota kesepahaman dengan bekraf terkait pengembangan ekonomi daerah melalui film,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan pembentukan komisi film daerah untuk memberikan kepastian sekaligus kemudahan kepada produser juga pihak lainnya dalam membuat film, misalnya dalam berbagai proses perizinan.

Daerah dengan lokasinya dimanfaatkan untuk lokasi pembuatan film akan mengangkat potensi daerah juga potensi ekonomi.

Ia mencontohkan Bangka Belitung menjadi dikenal masyarakat setelah lokasinya dimanfaatkan sebagai lokasi pembuatan film Laskar Pelangi.

Di Bojonegoro tim bekraf dengan Badan Perfilman Indonesia mengunjungi salah satu lokasi yaitu “The Litlle” Teksas Wonocolo, Kecamatan Kedewan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Bojonegoro Agus Supriyanto, menambahkan pemkab sangat mendukung berdirinya komisi film daerah karena menguntungkan daerah.

“Ada 10 lokasi yang akan kita tetapkan untuk dimanfaatkan lokasi pembuatan film,” kata dia menjelaskan. (*/mcb)

Leave a Comment