Share

Pemilihan Duta Samino Samini 2016 Pertahankan Budaya Samin

Bojonegoro (Media Center) – Sebanyak 42 peserta tampak antusias menyimak pemaparan dari Bambang Sutrisno, putra dari sesepuh Samin, Hardjo Kardi sebelum mengikuti rangkaian tes tulis di SMPN 1 Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (6/5). Penyampaian sejarah Samin ini mulai sejak zaman lahirnya Samin Suro Sentiko hingga eksistensi ajaran ini hingga sekarang diulas secara lengkap dan detail.

“Saya mewakili keluarga (keturunan Samin) menyambut positif dan berterima kasih sekali atas perhatian dan semangat generasi muda Margomulyo dalam mempelajari Samin, ssmoga setelah ini tidak ada lagi yang malu disebut Samin karena Samin yang sebenarnya penuh dengan ajaran positif dan kedamaian” ungkap Bambang Sutrisno dalam sambutannya.

Materi sejarah Samin ini merupakan sesi pertama dalam tahap seleksi pemilihan duta Samino Samini (Samin isih ono, Samin masa kini) yang diadakan oleh Margomulyo Youth Movement bekerjasama dengan Labseni Senthong Sekarjati.

Hadir pula dalam acara perdana ini Adi Sutarto, seorang guru seni budaya yang juga merupakan pencipta motif Sekarjati Bojonegoro. Beliau melalui Labseni Senthong Sekarjati adalah yang pertama kali memperkenalkan sosok Samino dan Samini sebagai gambaran semangat muda-mudi Margomulyo dalam menjaga tradisi sejak tahun 2007 lalu.

Nantinya peserta akan melewati dua tahap tes lagi sebelum masuk babak final yaitu tes wawancara dan bakat yang akan dilaksanakan pada Minggu, 15 Mei 2016.(mcb)

Pengirim artikel: winwin faizah (penggiat MYM)

Leave a Comment