Share

Pemkab Akan Beri Dana Stimulan Bagi BUMDES Pariwisata dan Agrobisnis

Bojonegoro, 4/10 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro akan memberikan dana stimulan untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebesar Rp100 juta. Dana stimulan ini, diberikan khusus bagi masing-masing BUMDES yang bergerak di sektor pariwisata dan agrobisnis.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan, saat ini BUMDES di sektor pertanian sudah banyak. Namun, yang bergerak di bidang budidaya dan olahan masih minim dan perlu dikembangkan.

“Saya pikir kalau pertaniannya sudah banyak tetapi budidaya olahan itulah yang perlu kita kembangkan,” ungkapnya saat menerima Tim Penilai Lomba Desa Kementerian Desa dalam Transparansi Informasi Publik di Rumah Dinas, Rabu (3/10).

Pemberian dana stimulan ini, bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan motivasi bagi masing-masing desa. Hal ini diungkapkan Iwan Siswoyo, pengelola BUMDES Wahana Sentosa Desa Deru, Kecamatan Sumberrejo.

“Jika memang ada dana stimulan yang akan diberikan Pemkab, tentu hal ini sangat mendorong desa dan BUMDES untuk terus berinovasi. Namun tentunya, perlu ada kerjasama dengan dukungan dari pihak desa,” ujarnya pada kanalbojonegoro.com, Kamis (4/10).

Hingga saat ini, ada berbagai kendala yang dihadapi oleh BUMDES di Bojonegoro. Menurut Iwan, diantara adalah keterbatasan sumber daya manusia (SDM) serta belum adanya bidang yang bertugas menggali potensi lokal.

“Selai itu adalah sulitnya marketing atau pemasaran. Jadi jika ada produk masih dipasarkan lokal bagi warga sekitar dan belum dipakarkan ke luar,” pungkasnya.(*lya/mcb)

Leave a Comment