Share

Pemkab Bojonegoro Akan Fungsikan RSUD Veteran

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, akan memfungsikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoemo di Jalan Veteran, sebagai usaha memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan secara maksimal, pertengahan 2016.

“Perbaikan juga pembangunan RSUD Veteran, untuk bisa mendukukung RSUD Sosodoro Djatikoesoemo, yang kurang reprsentatif dan sudah “overload” dalam menerima pasien, karena kasistasnya yang terbatas,” kata Bupati Bojonegoro Suyoto, Senin (7/3).

Dalam rapat paripurna DPRD dengan agenda laporan nota pengantar tentang Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Bojonegoro 2015 itu, ia menjelaskan dalam penyelenggaraan urusan kesehatan, sasasran yang akan dicapai adalah meningkatnya derajat kesehatan masyarakat.

“Ini sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat Bojonegoro yang sehat, produktif dan bahagia,” katanya, menegaskan.

Pada kesempatan itu, ia juga menyebutkan dalam penyelenggaraan urusan kesehatan telah dialokasikan anggaran belanja Rp428,841 miliar lebih dan telah terealisasi sebesar Rp375,365 miliar.

“Alokasi anggaran itu dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, RSUD Sosodo Djatikoesoemo, RUSD Sumberrejo, RSUD Padangan dan Dinas Pekerjaan Umum (PU),” ucapnya, menambahkan.

Sesuai data di Dinkes, katanya, pencapaian indikator usia harapan hidup 2015, adalah 67,86 tahun, meningkat dibandingkan 2014 yang hanya 67,67 tahun.

Lainnya, balita dengan prevalensi kurang gizi 2015 tercapai 5,12 persen, menurun dibandingkan 2014 sebesar 5,75 persen. (*/mcb)

Leave a Comment