Share

Pemkab Bojonegoro Alokasikan Rp3 Miliar untuk Lansia

Bojonegoro, Media Center – Dinas Sosial (Dinsos) Bojonegoro mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3 miliar dari APBD tahun 2019 untuk Bantuan Sosial (Bansos) Program Asistensi Lanjut Usia (alut).

Kepala Dinsos Kabupaten Bojonegoro, Helmy Elisabeth menjelaskan pada tahun 2019 penerima bantuan sosial (bansos) sekitar 1.654 lansia yang berada di 42 Desa tersebar di 11 Kecamatan.

Setiap lansia mendapat Rp1,5 juta per tahun. Teknisnya, bantuan langsung masuk ke rekening masing-masing penerima, dan penarikan bisa dilakukan 2 kali dengan besaran nominal Rp 750 ribu.

“Bansos ini diperuntukkan bagi lanjut usia di atas 65 tahun. Tujuannya untuk meringankan beban biaya hidup para lansia,” ujarnya, Rabu (14/8/2019).

Seribuan lansia penerima bansos di 11 kecamatan diantaranya Kanor, Kedungadem, Sumberrejo, Ngasem, Kepohbaru, Sukosewu, Padangan, Gayam, Baureno, Kapas dan Kota Bojonegoro.

Dinsos memperkirakan jumlah lansia di Bojonegoro sebanyak 17 ribu. Sehingga penerima Bansos lansia tahun ini meningkat cukup banyak.

“Kami berharap bantuan dari pemerintah daerah dapat sedikit meringankan beban warga lansia nantinya,” pungkasnya.(Rin/Dwi)

Leave a Comment