Share

Pemkab Bojonegoro Anggarkan Rp 1 Miliar Untuk Pelatihan Guru

Bojonegoro (Media center) – Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menganggarkan Rp 1 miliar dari APBD tahun 2016 untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) guru.

Kepala Bidang SMP/SMA Diknas, Puji Widodo, mengatakan, tidak hanya di Bojonegoro saja, namun seluruh Indonesia, masih banyak kemampuan guru yang di bawah rata-rata kecuali guru bersertifikasi.

“Kami telah berupaya untuk meningkatkan kapasitas guru sebagai tenaga pendidik selama ini. Tapi nampaknya kurang maksimal,” kata Puji kepada kanalbojonegoro.com saat ditemui dikantornya.

Dia mengungkapkan, banyak program yang sudah dilaksanakan selama ini diantaranya Musyawarah Guru MAta Pelajaran (MGMP), Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah (MKKS), dan Uji Kompetensi Guru (UKG).

“Kali ini kami akan merubah skema peningkatan SDM guru,” tegasnya.

Perubahan skema itu, lanjut Puji, yakni yang awalnya menggandeng lembaga untuk memberikan pelatihan, maka tahun depan tidak lagi menggandeng lembaga manapun. Melainkan memanggil tenaga pengajar profesional dengan memanfaatkan Pusat Belajar Guru (PBG) yang akan dibangun di lima Kecamatan.

“Nanti di lima kecamatan tersebut sudah tersedia PBG yang digunakan untuk memberikan pelatihan dan kegiatan lainnya,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, Dinas Pendidikan akan membangun pusat belajar guru (PBG) dengan anggaran sebesar Rp 800 Juta. PBG tersebut akan dibangun di Kecamatan Temayang, Kedungadem, Ngraho, Malo, dan Padangan.(dwi/*mcb)

Leave a Comment