Share

Pemkab Bojonegoro Bantu Korban Tanah Longsor

Bojonegoro (Media Center) – Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Senin, mendistribusikan berbagai bantuan kepada lima kepala keluarga (KK) yang rumahnya menjadi korban tanah longsor di Desa Semawot, Kecamatan Sukosewu, Sabtu (21/12).

“Bantuan yang kami salurkan kepada lima KK yang rumahnya mengalami longsor bermacam-macam, mulai bahan makanan, seperti beras, lauk pauk, kasur, selimut juga berbagai kebutuhan lainnya,” kata Kepala Disnakertransos Bojonegoro Adi Witjaksono, Senin.

Ia menjelaskan rumah lima KK di Desa Semawot tersebut longsor disebabkan meluapnya Kali Pacal, anak sungai Bengawan Solo di daerah setempat.

“Rata-rata rumah warga longsor separuh, misalnya, dapurnya ambruk. Saat ini mereka ditampung di rumah tetangganya,” ujarnya.

Kelima warga yang rumahnya longsor yaitu Sukiman, M. Yusuf, Nurhadi, Baeman, dan Tamisi.”Mereka saat ini di tampung di rumah tetangganya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Bojonegoro H.M. Tholhah, melapor ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengenai lima rumah di desanya yang juga longsor disebabkan Bengawan Solo.

Kelima rumah di desanya itu, jelasnya, mengalami longsor atau roboh rata-rata separuhnya bersamaan dengan air Bengawan Solo surut.

“Di desa kami tanah Bengawan Solo yang longsor panjangnya 150 meter dengan lebar 5 meter,” jelasnya.

Menurut dia, lima rumah warganya yang longsor itu, bahkan di antaranya, tidak bisa dimanfaatkan karena membayakan.”Semalaman 1 KK terpaksa mengungsi ke masjid, sebab rumahnya yang belum longsor nyaris roboh,” katanya. (samcb)

Leave a Comment