Share

Pemkab Bojonegoro Beri Penghargaan di Hari Lingkungan

Bojonegoro (Media Center) – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bojonegoro memberikan penghargaan kepada para pemenang Lomba Gerakan Bangga Bojonegoro Bersih, Sehat, Indah, Asri dan Rapi (Gerbang Bojonegoro Bersinar) di Tempat Penimbunan Kayu (TPK), Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Rabu (11/11).

“Selain enyerahan hadiah juga dengan gerakan aksi-aksi yang berwawasan lingkungan,” kata Kepala BLH Bojonegoro, Elzadeba.

Aksi yang ditampilkan mulai dari strategi bertahan hidup di Bojonegoro dan gerakan panen hujan menjelang datangnya musim penghujan.

Untuk pemenang Lomba Gerbang Bojonegoro Bersinar tingkat desa dan kelurahan keluar juara I diraih oleh Kelurahan Banjorejo Kecamatan Bojonegoro, juara II Desa Sukorejo dan juara III Desa Ngrowo Kecamatan Bojonegoro.

Sementara untuk kategori desa/kecamatan juara I, II dan III berhasil diraih oleh Desa Baureno Kecamatan Baureno, juara II Desa Ngasem Kecamatan Ngasem dan Desa Dander Kecamatan Dander sebagai juara III.
Sedangkan untuk kategori desa terpilih yakni Desa Mojodeso Kecamatan Kapas sebagai juara I, Desa Selorejo Kecamatan Baureno  sebagai juara II dan juara III adalah Desa Tulungrejo Kecamatan Trucuk.

Penghargaan lain yang diserahkan untuk kategori konservasi sumber daya alam hayati (KSDAH) yang pertama pengembangan burung hantu Desa Semenpinggir, Kecamatan Kapas, perlindungan penyu air tawar Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, pengolahan sampah organic  Bapak Tahan dari Desa Kedewan, Kecamatan Kedewan, pengembangan hayati energy terbarukan penanaman kemiri sunan Bapak Nur Cholis Desa Selorejo, Kecamatan Baureno, pemanfaatan sumber daya air Desa Megale, Kecamatan Kedungadem, peningkatan pendapatan masyarakat melalui pengelolaan sumber daya alam hayati wisata air Desa Payaman Kecamatan Ngraho.

Penghargaan lain diserahkan kepada Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari yang membuat gerakan satu jiwa satu pohon. Desa Growok Kecamatan Dander yang berhasil penataan akses jalan lingkungan. Dan pelaku pemberdaya tanaman sayur organic Kecamatan Kedungadem diberikan kepada Suyitno serta penghargaan diberikan kepada Turmudzi sebagai penggerak LSM Peduli Lingkungan Hidup Desa Sukorejo Kecamatan Kota Bojonegoro.

Sementara itu, Bupati Suyoto nampak kagum dengan hasil olahan daur ulang sampah yang dibentuk berbagai macam kreasi oleh pelajar dari tingkat SMP maupun SMA di beberapa stand yang disediakan.

“Jangan di sini saja bagus, tapi dirumah dan lingkungan juga,” sarannya saat melihat kreatifitas pelajar membuat souvenir dari sampah plastik.(dwi/*mcb)

Leave a Comment