Share

Pemkab Bojonegoro Bina Aparatur Desa

Bojonegoro (Media Center) – Puluhan aparatur desa yang terdiri dari kepala desa, anggota BPD, tokoh agama dan masyarakat serta wali amanat desa di Kecamatan Bubulan, Kamis (6/4) mengikuti acara pembinaan aparatur pemerintahan desa dan lembaga desa yang mengusung tema terwujudnya tata kelola pemerintahan desa yang baik.

Camat Bubulan Moch Yasir dalam laporannya menyampaikan bahwa masalah yang dihadapi sebagain besar masyarakat Bubulan adalah masalah sanitasi dan ketersediaan air bersih, namun pihaknya melakukan beberapa upaya agar distribusi air bersih bisa merata.

“Selain itu, infrastruktur jalan minimal perawatan dalam satu tahun dua kali, infrastruktur ini menjadi sangat penting karena banyak hasil pertanian yang dihasilkan oleh daerah di wilayah Kecamatan Bubulan yang harus dijual di luar wilayah Bubulan jadi akses menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi,” jelasnya.

Wakil Bupati Bojonegoro SetyoHartono menyampaikan materi tata kelola keuangan di desa dan team work. Dari hal tersebut ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan yakni team work harus mulai tingkat desa sampai kecamatan.

“Semakin banyak yang bekerja di desa semakin bagus,” tegasnya di hadapan aparatur desa yang hadir.

Ia menegaskan, maju atau tidaknya desa tergantung dari peran dan kiprah seluruh komponen masyarakat. Apalagi sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang menginstruksikan bahwa pembangunan dimulai dari desa.

“Oleh karenanya, desa harus bisa mengatur keuangan keuangan yang telah dikucurkan oleh pemerintah sekaligus mempertanggungjawabkan secara akuntabel,” tambahnya.

Tak hanya dihadiri Wakil Bupati Bojonegoro, acara ini juga menghadirkan beberapa narasumber dari jajaran SKPD lingkup Pemkab Bojonegoro seperti dari Dispenda, inspektorat serta Kejaksaan Negeri Bojonegoro dan Ketua DPRD Bojonegoro.(humas/mcb)

Leave a Comment