Share

Pemkab Bojonegoro Gandeng Investor Jepang Bangun Drypot

Bojonegoro, 20/7 (Media Center)  – Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, berupaya menggandeng investor dari Jepang untuk membangun pelabuhan darat atau dryport.
” Ada investor Jepang yang masih melihat peluang bisnis dalam membangun dryport ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Iskandar, Kamis (20/7).
Meski belum ada kepastian apakah investor Jepang tersebut mau bermitra dengan pemkab, namun pihaknya sudah memberikan seluruh kajian dalam membangun daryport.
” Kami sudah mengajak mereka melihat lahannya, peluang investasi dan keuntungan membangun dryport ini,” tukasnya.
Dryport ini untuk menyambut perkembangan industrialisasi di wilayah Bojonegoro. Dryport itu sebagai transporter, berkaitan dengan hasil industri, keluaran industri baik berat, sedang dan ringan.
Proyeksi awal,  dryport akan ditempatkan di sekitar Proliman, Kecamatan Kapas. Lokasi tersebut dekat dengan Stasiun Kota Bojonegoro. Selain itu, dryport harus dekat dengan rel, karena modal angkutanya menggunakan kereta api dan dekat dengan pengendali perjalanan KA (wesel).
Dryport rencananya akan menghubungkan antara Bojonegoro-Teluk Lamong, Surabaya, Tuban, ke barat arah pelabuhan Semarang maupun Jakarta. Setelah ada dryport diharapkan angkutan darat (truk berat) kendaraan umum tidak ada yang melintas di kota.(dwi/mcb)

Leave a Comment