Share

Pemkab Bojonegoro Gelar Pertemuan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi 2019

Bojonegoro, Media Center – Pemkab Bojonegoro menggelar pertemuan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) di Co-Creating Room Lantai II gedung Pemkab, Kamis (25/4/2019). Sejumlah perwakilan dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) hadir dan membahas semua rancangan aksi selama tahun 2019.

Sejumlah OPD yang terlibat adalah yang berhubungan dengan kesehatan, gizi, pangan, pertanian, peternakan dan perdagangan serta Dinas Kominfo untuk publikasi kepada masyarakat.

kepala bidang Perencanaan Pembangunan dan Ekonomi , Ike Widya Ningrum mengatakan semua data rencana aksi harus jelas dan detail meliputi teknis pelaksanaan ataupun jumlah. “Sebelum data itu goal, harus dicermati detailnya dan jelas teknis serta jumlahnya”,ungkapnya.

Beberapa isu yang dibahas diantaranya pemerataan gizi masyarakat mulai dari pusat (Dinas kesehatan) sampai instansi yang berhubungan langsung dengan masyarakat (RSUD dan Puskesmas). Selain itu juga soal pencegahan penyakit menular, imunisasi dan sejumlah masalah kesehatan lain.

Perwakilan Dinas kesehatan, Erni menjelaskan publikasi penting dilakukan untuk menjamin pemerataan Kesehatan dan gizi kepada masyarakat. “Kita akan melakukan publikasi setidaknya 2 kali dalam 1 bulan, jika dibutuhkan nanti kita akan bekerjasama dengan Dinkominfo,”  tegasnya.

Tak hanya masalah kesehatan yang dibahas dalam pertemuan tersebut, tetapi juga terkait alur perdagangan, fasilitas pasar daerah di semua kecamatan, hingga bagaimana kondisi pasar daerah dan desa. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga ketersediaan stok bahan pangan dan stabilisasi harga serta peningkatan produksi pangan meliputi sayur, buah-buahan, umbi-umbian, ikan,dan daging. (Alfan/NN)

Leave a Comment