Share

Pemkab Bojonegoro Gerakkan Dasawisma Untuk Data Masyarakat

Bojonegoro, 7/4 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro membuat terobosan baru dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Salah satunya dengan cara menggerakkan Dasawisma untuk melakukan pendataan bagi masyarakat.

“Dasawisma tersebut digerakkan langsung oleh ketua Ketua TP PKK, Mahfudhoh Suyoto,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Bojonegoro, Djoko Suharmanto, Jumat (7/4).

Sebagai kader tingkat RT di desa, Dasawisma melakukan pendataan antara 20-25 kepala keluarga di masing-masing tetangganya. Program ini mulai berjalan sejak Juni 2016.

“Sehingga data yang ada merupakan data riil dan sebenarnya yang didapat dilapangan dimulai dari lini rumah tangga,” ujarnya.

Pendataan ini diharapkan bisa selesai pada Maret 2017, lalu. Namun, karena beberapa kendala, salah satunya dalam input data sehingga baru bisa tercapai 50 persen dari jumlah sekitar 1,3 juta penduduk Kabupaten Bojonegoro di 430 desa dan kelurahan. Dalam pendataan ini, menggunakan 303 indikator sehingga hasilnya bisa digunakan sebagai bahan evaluasi maupun penyusunan program pemerintah dalam berbagai sektor.

“303 indikator ini salah satunya seperti pekerjaan, pendidikan, penghasilan, penempatan tanah pekarangan, dan kesehatan. Bidang kesehatan ini misalnya, ibu hamil, di mana dia periksa itu juga didata,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment