Share

Pemkab Bojonegoro Harapkan Objek Wisata Minyak Direalisasikan

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, mengharapkan SKK Migas, Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Jawa Tengah, juga penambang segera merealisasikan kawasan lapangan sumur minyak tua di Kecamatan Kedewan, menjadi lokasi objek wisata.

“Kalau harapan pemkab, ya, secepatnya, berbagai pihak terkait segera merealisasikan kawasan lapangan sumur minyak tua menjadi lokasi objek wista,” kata Asisten I Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bojonegoro Setyo Yuliono, di Sleman, Yogyakarta, Sabtu (27/2).

Lebih lanjut ia menjelaskan lokasi lapangan sumur minyak tua di Kecamatan Kedewan, di Bojonegoro itu, masuk wilayah kuasa pertambangan Pertamina EP Asset 4 Field Cepu.

Oleh karena itu, Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, harus segera merencanakan lokasi setempat menjadi sebuah objek wisata dengan mengandeng Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” (UPNV) Yogyakarta.

Pemkab mendukung sepenuhnya kawasan setempat dijadikan sebuah objek wisata, karena akan meningkatkan pendapatan para penambang.

“Penambang merasa siap, karena sudah memiliki jeep, yang selama ini dimanfaatkan untuk bekerja harian,” kata Kepala Pusat Litbang LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr. Sri Suryaningsum, menambahkan.

Sesuai gagasan yang realistis, katanya, menjadikan lokasi objek wisata lapangan sumur minyak tua, dengan mengadopsi tur keliling Merapi, dengan memanfaatkan kendaraan jeep.

Dalam pertemuan di Museum Merapi, Sleman, diikuti sekitar 30 penambang minyak tradisional di sejumlah desa di Kecamatan Kedewan, Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi dan Direktur Pertamina EP Rony Gunawan`.

Ikut mendampingi Setyo Yuliono, antara lain, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Amir Syahid. Dalam kunjungannya itu, rombongan diterima Kepala Disbudpar Sleman AA. Ayu Laksmidewi.

Pada kesempatan itu, Tim UPNV Yogyakarta, memberikan paparan terkait pengelolaan sebuah objek wisata yang dilakukan masyarakat. Sesuai rencana, rombongan juga akan mengunjungi Gua Pindul dan Gunung Api Purba Nglanggeran. (*/mcb)

Leave a Comment