Share

Pemkab Bojonegoro Imbau Pemdes Segera Rekom Perangkat Desa

Bojonegoro, 4/1 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro memberi peringatan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) yang hingga kini belum mengajukan rekomendasi kepada calon perangkat desa yang lolos seleksi untuk segera dilantik.

“Tercatat, masih ada tujuh desa yang belum mengajukan rekomendasinya,” kata Asisten I Bidang Hukum dan Pemerintahan, Djoko Lukito, Kamis (4/1/2018).

Tujuh desa tersebut diantaranya, Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Desa Sukosewu, Kecamatan Sukosewu, Desa Balongdowo, Kecamatan Kepohbaru, Desa Kuniran, Kecamatan Purwosari, Desa Kedungrejo, Kecamatan Malo, dan Desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo.

“Kita sudah memberikan surat peringatan tertulis, tapi sampai saat ini ada desa yang belum menanggapi peringatan tersebut,” tandasnya.

Apabila masih juga mengabaikan surat peringatan yang dikirimkan Pemkab, maka akan dikenakan sanksi hingga pada pemecatan Kepala Desa.

“Bisa jadi ada sanksi terberatnya pemecatan kepala desa,” tegasnya.

Sementara ada lima desa yang sudah mengajukan rekomendasi namun belum melakukan pelantikan. Diantaranya Desa Kabunan Kecamatan Balen, Desa Wotangare Kecamatan Kalitidu, Desa Sukowati dan Desa Sambiroto Kecamatan Kapas, serta Desa Sumberjo Kecamatan Sumberjo.

“Kelima desa itu keterangannya akan melantik perangkat desa sesuai hari baik pada penanggalan Jawa,” tukasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 28 Kecamatan kekosongan perankat desa diantaranya Sekdes sebanyak 167, urusan perencanaanm 265, urusan keuangan 107, urusan tata usaha dan umum 90, urusan umum dan perencanaan 24, seksi pemerintahan 91, seksi kesejahteraan 75, seksi pelayanan 91, kepala dusun 174.

“Total kebutuhan perangkat desa seluruh Kabupaten Bojonegoro ada 1.084 orang,” pungkasnya.(*dwi/mcb)

 

Leave a Comment