Share

Pemkab Bojonegoro Imbau Warga Laksanakan Mudik Tanpa Sampah

Bojonegoro, 12/6 (Media Center) – Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup merilis Surat Edaran yang ditujukan pada gubenrur, bupati dan walikota seluruh Indonesia untuk melaksanakan Mudik Tanpa Sampah. Hal ini sehubungan dengan adanya kampanye Nasional “Kendalikan Sampah Plastik” dan bertepatan dengan adanya arus mudik hari raya Idul Fitri yang dapat berdampak pada meningktnya timbunan sampah di sejumlah lokasi fasilitas umum seperti SPBU, rumah makan dan rest area di sepanjang jalur mudik.

Untuk menyukseskan gerakan Mudik Tanpa Sampah ini, masyarakat diimbau untuk memakai peralatan makan dan minum yang dapat digunakan ulang atau membawa kotak makanan, sendok, garpu dan tempat air minum.

Hal senada juga diungkapkan Kaba Humas Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiharto. Pada kanalbojonegoro.com ia menegaskan agar pemudik mengumpulkan sampah dan membuangnya ke tempat sampah.

“Diimbau agar pemudik tidak membuang sampah sembarangan. jika naik mobil dikumpulkan dulu baru kemudian dibuang di tempat semestinya. Begitu pula dengan pemudik yang menggunakan roda dua,” jelasnya.

Selain itu, imbauan ini juga diberikan pada awak kendaraan umum seperti bus dan angkutan penumpang serta pedagang kaki lima (PKL).

“PKL untuk tertib mengumpulkan sampah. Awak bus sediakan tempat sampah di bus dan sebisa mungkin kurangi penggunaan plastik sekali pakai,” imbaunya.(*mcb)

Leave a Comment