Share

Pemkab Bojonegoro Imbau Warga Waspada Kebakaran Hutan

Bojonegoro, 11/8 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengimbau kesiapsiagaan menghadapi kebakaran hutan dan lahan sesuai Surat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nomor: 360/0621/412.306/2017 di musim kemarau tahun ini.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiharto, mengatakan, terbitnya surat tersebut menindaklanjuti surat edaran Gubernur Jawa Timur Nomor: 522/12998/022.3/2017 tanggal 18 Juli 2017 yang menghimbau agar seluruh jajaran daerah baik dinas intansi terkait dan kecamatan lebih mengintensifkan kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan baik melalui penyuluhan, sosialisai dan kampanye serta fasilitasi kepada masyarakat.

“Selain itu, agar melakukan antisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan sedini mungkin dengan menggerakkan jajaran teknis sampai tingkat desa,”tegasnya.

Tidak hanya itu, instansi terkait juga wajib mengaktifkan pengawasan terhadap setiap indikasi kejadian kebakaran hutan dan lahan. Serta mengkoordinir semua potensi daerah sampai persiapan pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta meningkatkan koordinasi antara pihak dengan pemerintah pusat dan Propinsi, TNI/Polri, LSM, lembaga wasta dan masyarakat dalam upaya pengendalian.

Selanjutnya, melakukan patroli intensif pada daerah rawan kebakaran hutan dan lahan serta segera memadamkan apabila terjadi kebakaran. Khusus pada daerah rawan kebakaran hutan dan lahan yang bertanah mineral agar dibangun sumur bor atau embung.

“Terakhir Gubernur mengingatkan tentang agar semua sarana dan prasarana penangan kebakaran hutan dan lahan untuk kebutuhan pemadaman dalam kondisi siap pakai baik pada unit kerja pemerintah, Masyarakat Peduli Api (MPA) maupun swasta,”tukasnya.

Sementara itu berdasarkan surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Klimatologi Malang, pada bulan Agustus diperkirakan sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro sudah memasuki musim kemarau dengan intensitas hujan ringan selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan.

Bulan September diperkirakan sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro mengalami kekeringan dan intensitas hujan ringan kurang dari 10 hari dalam satu bulan. Sedangkan untuk Bulan Oktober diperkirakan Kabupaten Bojonegoro mengalami hujan dengan intensitas sedang selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan.(*dwi/mcb)

Leave a Comment