Share

Pemkab Bojonegoro Kebut Pembangunan Waduk Gongseng

Bojonegoro, 21/8 (Media Center) – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) Kabupaten Bojonegoro, menyampaikan, progres pembangunan Waduk Gongseng di Desa Kedungsari dan Papringan, Kecamatan Temayang, sampai saat ini sudah berjalan 30 persen.

“Tidak ada kendala, pekerjaan justru kita kebut agar bisa diselesaikan,” kata Kepala DPU SDA, Edi Susanto, saat ditemui di gedung DPRD setempat, Senin (21/8/2017).

Dia mengatakan, saat ini tengah proses pengumuman apraisial untuk lahan yang akan dibebaskan. Luas lahan yang akan digunakan tersebut sekitar 7,2 hektar di Desa Kedungsari, dan 37,5 hektar di Desa Papringan dengan menggunakan lahan milik warga sekitar 260 kepala keluarga.

“Untuk pembebasan lahan masih melihat kondisi di masyarakat, apakah berbentuk uang atau relokasi. Yang jelas, nilainya sesuai dengan hasil apraisial,” ungkapnya.

Proyek Waduk Gongseng ini merupakan proyek nasional dengan menggunakan anggaran belanja dan pendapatan negara (APBN) sebesar Rp336 Miliar. Dengan adanya waduk ini, maka bisa menampung air sekiar 23 juta meter kubik.

Jumlah tersebut mampu mengairi areal pertanian seluas kurang lebh 6.191 ha selain sebagai penyedia air baku sekitar 300 liter perdetik.(*dwi/mcb)

Leave a Comment