Share

Pemkab Bojonegoro Kembali Siapkan Pelatihan dan Sertifikasi Naker

Bojonegoro, 28/1 (Media Center) – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro, menyampaikan, tahun 2017 ini, Pemkab Bojonegoro kembali membuka pelatihan dan sertifikasi bagi masyarakat Bojonegoro yang baru lulus sekolah maupun perguruan tinggi.

“Ada puluhan jenis pelatihan dan sertifikasi,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Agus Suprianto, Sabtu (28/1).

Jenis pelatihan yang disiapkan diantaranya industri kreatif, desain batik, tata rias, garmen, teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, financial banking, administrasi perkantoran, manajemen administrasi rumah sakit, manajemen apotek dan farmasi.

“Untuk teknik elektro, sablon, pelatihan service HP, pelatihan las karbit dan listrik, pelatihan mengetik manual serta pelatihan mengemudi mobil juga disediakan,” imbuhnya.

Pelatihan tahun ini, lanjut ia, diselenggarakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Bagi yang berminat, bisa langsung melakukan pendaftaran melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja yang sekarang bertempat di Jalan Basuki Rahmat.

“Pelatihan dan sertifikasi ini merupakan upaya Pemkab Bojonegoro untuk menekan angka pengangguran,” imbuhnya.

Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan yang disediakan Pemkab ini semua masyarakat di Bojonegoro bisa mandiri dan memiliki usaha sendiri tanpa harus bergantung pada perusahaan.

“Bagi yang memang ingin bekerja di sebuah perusahaan ya tetap diperbolehkan, mumpung ada pelatihan dan sertifikasi juga di bidang perkantoran,” pungkasnya.

Dari data yang didapat menyebutkan, saat ini jumlah pengangguran di Bojonegoro mencapai 20.000 ribu orang.

Selain memberikan pelatihan dan sertifikasi, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja juga membuka job fair dengan melibatkan puluhan perusahaan besar baik dari Bojonegoro dan luar Bojonegoro tiap tahunnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment