Share

Pemkab Bojonegoro Kenalkan Aplikasi Pengelola Keuangan Desa

Bojonegoro, 13/12 (Media Center) – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan keuangan desa. Kegiatan yang ditujukan untuk perangkat desa ini digelar di Aula BPMPD Kabupaten Bojonegoro dan diikuti perangkat desa dari seluruh kecamatan di Bojonegoro, Selasa (13/12).

Dalam acara yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono ini, para perangkat desa dikenalkan pada perangkat lunak (software) aplikasi Pengelola KeuanganDesa. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan para peserta dalam mengelola keuangan.

“Masalah uang itu urusan yang sensitif dan merupakan “lahan basah” bagi para oknum. Nanti apabila kedepannya para hadirin salah dalam membuat laporan Alokasi Dana Desa maka Bupati yang bertanggungjawab,’ jelasnya.
Saat ini, lanjut ia, pemerintah kabupaten dalam pencairan dana tidak perlu lagi disposisi dari Bupati. Apabila SKPD membutuhkan dana, maka SKPD tersebut harus mendata sendiri apa yang dibutuhkan, mengelola sendiri dananya masing-masing serta digunakan untuk apa saja.

Sementara itu, Kepala BPMPD Kabupaten Bojonegoro Djumari menyampaikan, operator aplikasi ini tersebar di seluruh desa di Kabupaten Bojonegoro berdasarkan sektor masing-masing.

“Operator kecamatan dan desa serta dibagi menjadi empat sektor. sektor 1 berjumlah 61orang, sektor 2 berjumlah 140 orang, sektor 3 berjumlah 148 orang, sektor 4 berjumlah 152 orang,” terangnya.(mcb/humas)

Leave a Comment