Share

Pemkab Bojonegoro Lengkapi Alat Keselamatan di Gedung Baru

Bojonegoro, 5/6 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro memasang standart keamanan atau proteksi kebakaran di gedung berlantai tujuh yang sudah digunakan berkantor pegawai Pemkab sejak awal 2016 lalu. Beberapa alat kelengkapan keselamatan yang telah dipasang itu seperti hidrant, springkle, papan jalur evakuasi, alarm dan detektor panas. Beberapa alat proteksi kebakaran tersebut seharusnya sudah terpasang sejak gedung belum difungsikan.

Kepala Bagian Umum dan Keuangan Pemkab Bojonegoro, Hari Kristianto mengatakan, beberapa alat kelengkapan keamanan atau proteksi kebaran itu dilengkapi setelah adanya rapat koordinasi antara Dinas Cipta Karya dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar). Beberapa rekomendasi itu merupakan hasil inspeksi proteksi kebakaran dengan mendatangkan tim ahli (inspektur kebakaran) yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro sejak 2015 lalu. Saat gedung pemkab tersebut belum difungsikan.

“Beberapa alat (proteksi kebakaran) sudah kami lengkapi,” ujarnya, Kamis (1/6).

Dari beberapa hal yang menjadi rekomendasi hasil inspeksi proteksi kebakaran yang belum terpenuhi diantaranya, eksos (penyedot asap) di tangga darurat untuk menyedot asap keluar. Dan perlengkapan pemadam kebakaran seperti posisi alat pemadam kebakaran ringan (apar) dan hidran harus ada dalam denah.

Selain menyediakan peralatan proteksi kebakaran, juga harus dilengkapi dengan pengelola gedung, petugas keamanan dan keselamatan yang dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan dalam mengoperasikan peralatan proteksi kebakaran. Selain itu, petugas pos keamanan juga harus menguasai cara penggunaan dan penanganan jika terjadi darurat.

“Di pos jaga itu harus dilengkapi dengan perlengkapan peralatan proteksi kebakaran, seperti APD, sepatu maupun kunci hidran,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo dalam kesempatannya.(mcb)

Leave a Comment