Share

Pemkab Bojonegoro Minta Dukungan Terkait Percepatan Pembangunan

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, meminta dukungan kepada Menteri BUMD Rini Soewandi di Jakarta, terkait dukungan percepatan pembangunan ekonomi, dengan mempercepat pengembangan lapangan gas Tiung Biru (TBR) dan industri pendukungnya.

“Permintaan dukungan percepatan pembangunan ekonomi di Bojonegoro saya sampaikan kepada Menteri BUM Rini Soewandi, di Jakarta, Rabu (5/8),” kata Bupati Bojonegoro Suyoto, Jumat (7/8).

Ia menyampaikan bahwa daerahnya mengalami pertumbuhan cepat, mulai pertanian, jasa/industri, karena adanya industri migas.

Perkembangan itu, menurut dia, akan semakin bagus kalau memperoleh dukungan pengembangan kawasan industri di sekitar kawasan industri migas, selain pembangunan pelabuhan darat (dry port).

“Pembangunan dry port bisa dilakukan, dengan pertimbangan Bojonegoro dilalui jalur ganda kereta api (KA),” katanya, menegaskan.

Tidak hanya itu, katanya, percepatan lapangan gas TBR, mendesak dilakukan dengan berbagai pertimbangan, antara lain, untuk meredam gejolak sosial dengan berakhirnya proyek minyak Blok Cepu.

Lainnya, lanjut dia, percepatan pembangunan pabrik pupuk, sebagai penampung produksi gas lapangan TBR dan percepatan pembangunan pembangkit lisrik PLN.

Menanggapi hal itu, katanya, Menteri BUMD Rini Soewandi mengkoordinasikan dengan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro terkait dengan harga gas TBR yang belum ada kesepakatan dengan pembeli gas.

“Selain membutuhkan dukungan di sektor keuangan, juga dukungan Perhutani, sebab lahan yang dimanfaatkan milik Perhutani,” tandasnya.

Ia menambahkan Menteri BUMN Rini Soewandi menjanjikan akan datang ke Bojonegoro untuk memimpin langsung rapat dengan jajaran pemkab, juga pihak lainnya terkait percepatan pembangunan di daerahnya, 12 Agustus. (sa/mcb).

Leave a Comment