Share

Pemkab Bojonegoro Mulai Cairkan Dana Desa

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan sudah mencairkan dana desa (DD) tahap ketiga kepada sebanyak 40 desa yang persyaratan administrasinya sudah lengkap, pekan ini.

“Pemkab sudah mulai mentransfer dana desa kepada desa yang sudah memenuhi persyaratan administrasi,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD) Pemkab Bojonegoro Ibnoe Soeyoeti, Jumat (11/12).

Ia menjelaskan pihaknya masih melakukan verifikasi persyaratan administrasi desa yang sudah mengajukan pencairan DD tahap ketiga.

“Ya, kalau sudah lengkap segera kita transfer ke rekening desa,” katanya, menegaskan.

Ia menyebutkan besarnya dana desa (DD) tahap ketiga sebesar 20 persen bagi 419 desa dari Pemerintah dengan jumlah total Rp23,3 miliar, dari alokasi DD sebesar Rp116,5 miliar, pada 2015.

Kepala Pemerintahan Pemkab Bojonegoro Supi Haryono, menambahkan DD yang diterima desa di daerhanya itu merupakan salah satu pendapatan desa.

“Pemerintah sempat menambah DD, karena agar ada percepatan pembangunan di desa,” katanya, menegaskan.

Ia menjelaskan sumber penghasilan desa, selain dana desa (DD) yaitu alokasi dana desa (ADD), bagi hasil pajak (BHP) dan bagi hasil retribusi (BHR), yang bersumber dari APBD tk II.

“Besarnya ADD, BHP dan BHR, di daerah kami, pada 2015, mencapai Rp213 miliar,” jelas dia.

Menurut dia, pola penyaluran keuangan desa, di atur di dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 1 tahun 2015 tentang Penyaluran Besaran ADD,DD, Bagi Hasil Pajak dan Bagi Hasil Retribusi.

Perbup itu, diperkuat dengan Perbup No. 2 tahun 2015, yang mengatur pedoman umum dan petunjuk teknis penyaluran keuangan desa. (*/mcb)

Leave a Comment