Share

Pemkab Bojonegoro Raih Anugerah Predikat Kepatuhan Dari Ombudsman RI

Jakarta, 10/12 (Media Center) – Lembaga negara pengawas pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia tahun ini menyerahkan predikat survey kepatuhan bagi instansi pemerintah penyelenggara pelayanan publik, Senin (10/12) di studio utama TVRI Jakarta. Survey dilakukan terhadap sembilan (9) kementerian, empat (4) lembaga, 49 kota, dan 199 kabupaten.

Anggota Ombudsman RI, Dendi Ramadhina mengatakan, survei kepatuhan terhadap UU Nomor 25 tahun 2009 ini merupakan acuan utama bagi penyedia layanan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mencegah terjadinya mal administrasi.

Dalam penganugerahan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mendapatkan anugerah kepatuhan tinggi kategori Pemerintah kabupaten zona hijau dengan nilai 88.20 yang diberikan langsung oleh Obudsman RI kepada Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto.

Indikator yang membuat Pemkab Bojonegoro masuk dalam zona hijau karena dianggap mampu dan sudah memenuhi kriteria dasar standart pelayanan publik yang sesuai dengan UU 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Beberapa Organisasi Perangkat Daerah yang dinilai standart pelayanan publiknya oleh Obudsman RI meliputi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PTSP, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, dan lainnya. Kriteria dasar pelayanan meliputi ruang tunggu yang nyaman dan layak, fasilitas khusus untuk difable, ruang laktasi, ruang pengaduan, dan indikator kepuasan masyarakat terhadap pelayanan serta adanya standart operasional prosedur yang dipatuhi.(*lya/mcb)

Leave a Comment