Share

Pemkab Bojonegoro Segera Bangun 20 Embung Baru

Bojonegoro, Media Center – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Dan Sumber Daya Air (SDA) pada tahun 2021, akan bangun 20 embung atau waduk baru. Hal ini sebagai upaya menjaga ketersediaan suplai air untuk pertanian dan sekaligus untuk menjaga ketahanan pangan.

Embung baru tersebar di 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Kepohbaru, Kecamatan Kedungadem, Kecamatan Baureno, Kecamatan Sumberrejo dan Kecamatan Kalitidu. Untuk tahun 2020 ini 2 embung atau waduk baru sedang dibangun yakni di Desa Gayam Kecamatan Gayam dan di Desa Wotangare Kecamatan Kalitidu.

Kepala Seksi (Kasi) Pemanfaatan Air Baku irigasi, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (SDA), Dody Sigit Wijaya menuturkan sejak 2013 hingga 2020 ini, Pemkab Bojonegoro sudah membangun 513 embung atau waduk yang tersebar di 28 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

“Saat ini prooses pembangunan 2 embung baru masih berlangsung. Sementara kami juga sedang melakukan normalisasi 2 embung yang berada di Desa Gading dan di Desa Kepoh,” tutur Dody.

Dengan adanya embung diharapkan ketersediaan suplai air baku untuk kebutuhan irigasi atau pertanian saat musim kemarau di Kabupaten Bojonegoro tercukupi. Tujuannya agar produksi petani meningkat dan pendapatan para petani juga naik.

“Yang tidak kalah penting adalah dalam rangka menjaga ketahanan pangan,” kata Dody.

Tak hanya itu, keberadaan embung bisa mencegah luapan air di musim hujan, sehingga dapat menekan risiko banjir dan memperbesar peresapan air ke dalam tanah. “Selain itu, diharapkan juga akan mengaktifkan tenaga kerja petani pada musim kemarau, sehingga mengurangi urbanisasi dari desa ke kota,” tutur Dody (NN)

Leave a Comment