Share

Pemkab Bojonegoro Siapkan Aplikasi Open Data Contract

Bojonegoro, 13/12 (Media Center) – Bertempat di Productive Room lantai 7 Gedung Pemkab Bojonegoro (Selasa,12/12/2017), rapat persiapan peluncuran aplikasi Open Data Contract, yang rencananya akan diluncurkan pada awal tahun 2018 digelar.

“Aplikasi ini merupakan implementasi dari Perbub No. 1 tahun 2017.

Aplikasi open data kontrak berbasis online ini nantinya dapat di akses melalui http://bos.bojonegorokab.go.id/, Jadi Nanti setiap OPD harus mempersiapkan tenaga admin dari aplikasi ini,” terang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur.

BOS merupakan singkatan dari Bojonegoro Open System yang mana ini mengacu pada standar internasional. Dengan peluncuran aplikasi ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk bisa mengakses informasi publik yang ingin diketahui.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Suyoto berharap dengan adanya aplikasi ini, ada tiga manfaat yang bisa didapatkan. Yang pertama adalah ini merupakan cara Pemkab Bojonegoro untuk memastikan uang rakyat disalurkan untuk mengatasi problem rakyat. Sehingga rakyat mengetahui uang mereka sebenarnya digunakan untuk kepentingan mereka. Kedua, untuk menunjukkan bahwa partisipasi politik memiliki prioritas yang sesuai dengan fungsinya dan bisa dicek atau ditelusuri akuntabilitasnya untuk apa policy itu dibuat. Yang ketiga, adalah untuk memastikan kompetisi ini fair atau adil.

“Sehingga kita bisa mencegah kecurangan,” imbuh pria yang akrab disapa Kang Yoto ini.

Fungsi lainnya adalah jika masyarakat ingin mengecek setiap proyek yang dijalankan pemerintah Kabupaten Bojonegoro dapat terlihat secara gamblang asal sumberdana, berapa jumlahnya dan untuk apa hasilnya bisa dilihat melalui aplikasi ini.

Tak hanya untuk menyajikan data pada masyarakat, BOS juga bisa memudahkan auditor (BPK) untuk mengecek penggunaan dana. Hal ini juga sebagai upaya untuk mengurangi tindak korupsi.

“Jadi setiap OPD tidak bisa lempar tanggungjawab apabila terjadi masalah, karena semua informasi sudah tersedia, semuanya kita buka. Mulai dari sistem lelang yang digunakan, siapa yang menang lelang, siapa yang melaksanakan/siapa yang menjalankan dan mengawasi,” pungkasnya.(*mcb)

Leave a Comment