Share

Pemkab Bojonegoro Siapkan Delapan Paket Pelatihan Naker

Bojonegoro, 4/2 /2019 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, berencana menggelar pelatihan sertifikasi sebagai usaha meningkatkan keterampilan tenaga kerja. Rencananya, pelatihan  dengan alokasi anggaran Rp375 juta dalam APBD 2019 ini akan dibagi menjadi delapan paket.

“Pelatihan sertifikasi akan dimulai Februari, tapi karena delapan paket, maka pelaksanaanya akan dilakukan secara bertahap,” kata Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Bojonegoro Sugi Hartono di Bojonegoro, beberapa waktu lalu.

Pelatihan yang akan dilaksanakan yaitu dua paket pelatihan perhotelan, dua paket garmen, dua paket pelatihan las, dan masing-masing satu paket pelatihan desain grafis, dan servis AC. Dari delapan paket tersebut, tersedia 160 kuota tenaga kerja yang akan mengikuti pelatihan selama enam hari.

Menurut dia, pelatihan tenaga kerja sertifikasi akan dilakukan bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknik (UPT) Pelatihan Kerja Provinsi Jatim, di Bojonegoro, dengan peserta lulusan SMK sesuai dengan jurusan.

“Di UPT Pelatihan Kerja Provinsi di Bojonegoro memiliki tempat uji kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  Tenaga kerja yang sudah memperoleh pelatihan setelah lulus uji kompetensi sudah siap kerja,” katanya.(*mcb)

Leave a Comment