Share

Pemkab Bojonegoro Temukan Penyimpangan Pemasangan Menara Telepon

Bojonegoro (Media Center) – Tim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, yang melakukan pendataan lapangan di tujuh kecamatan berhasil menemukan sejumlah menara telepon selular, yang pemasangannya menyalahi ketentuan.

“Pendataan lapangan dilakukan tim gabungan pemkab, sejak Senin (27/7), dan sampai hari ini di tujuh kecamatan,” kata Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro Kusnandaka Tjatur, di Bojonegoro, Rabu (29/7).

Dari hasil pendataan di lapangan, katanya, di temukan sejumlah menara telepon selular yang pemasangannya menyalahi ketentuan. Tim gabungan pemkab yang terdiri dari Kominfo, Satpol PP, Dinas Pendapatan, telah melakukan pendataan langan menara telepon selular di Kecamatan Kapas, Baureno, Gondang, Sekar, Kalitidu dan Temayang.

Ia memberikan gambaran di Kecamatan Kapas, ada menara telepon selular yang berdiri di Desa Wedi. Padahal, sesuai pemetaan pemkab bahwa menara telepon selular lokasi, yang diperbolehkan di Desa Tikusan.

Selain itu, lanjut dia, di Kecamatan Baureno, ada dua menara telepon selular, salah satunya belum beroperasi.

“Pemkab tidak pernah memperoleh pengajuan izin dari pemilik dua menara telepon seluar di Kecamatan Baureno itu,” tandasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan pendataan di lapangan tersebut merupakan langkah yang dilakukan untuk menertibkan keberadaan menara telepon selular di daerahnya.

“Sesuai data yang kami peroleh di daerah kami ada 230 menara telepon selular, yang sudah terpasang,” paparnya.

Namun, menurut dia, baru sebanyak 89 menara telepon selular di daerahnya, yang memiliki nomer obyek pajak (NOP) dan 141 menara telepon selular belum memiliki NOP.

“Dari data yang ada terdapat 164 menara telepon selular yang pembangunan tidak mengajukan izin ke pemkab,” tandasnya.

Ia menambahkan pendataan lapangan yang dilakukan tim gabungan pemkab tersebut, akan berjalan dalam sepekan ini.

“Pendataan ini, sekaligus untuk memetakan keberadaan menara telepon selular yang sudah berdiri untuk menyesuaikan dengan site plane pemkab soal lokasi menara telepon selular,” tuturnya.(sa/*mcb)

Leave a Comment