Share

Pemkab Bojonegoro Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Banjir

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi banjir luapan Bengawan Solo, yang diprediksi ketinggian airnya masih akan terus meningkat, sampai dengan ketinggian mencapai 14,50 meter (siaga II), Senin (8/2).

“Saat ini ketinggian air sudah mencapai 14,20 meter (siaga II) dan kemungkinan air Bengawan Solo di Bojonegoro akan terus naik mencapai 14,50 meter,” jelas Asisten III Sekretaris Daerah (sekda) Pemkab Bojonegoro Yayan Rochman, dalam laporannya melalui wa, Senin (8/2).

Bupati Bojonegoro Suyoto, katanya, menginstruksikan seluruh jajarannya mulai kabupaten, kecamatan, sampai desa, untuk melakukan pemantauan kondisi banjir luapan Bengawan Solo yang terjadi di wilayahnya masing-masing.

“Kami minta dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam menangani kejadian banjir,” katanya, menegaskan.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan sampai saat ini ada sejumlah lokasi yang sudah mulai terendam air banjir luapan Bengawan Solo di sejumlah desa di KEcamatan kasiman, Malo, Kapas, Kota, dan Baureno.

Di daerah setempat, banjir tidak hanya merendam puluhan hektare areal tanaman padi, tapi juga mulai merendam jalan desa.

Di Desa Karangdayu, Kalisari, Tanggungan, di Kecamatan Kalisari, terdata ada tanaman padi seluas 53 hektare, yang terendam air banjir.

“Belum ada pemukiman warga yang tergenang,” tandasnya.

Kepala Desa Kalisari, Kecamatan Baureno, Khairuddin, menjelaskan di desanya ada tanaman padi sekitar 25 hektare yang terendam air banjir. Tanaman padi di desanya itu, kurang dua pekan lagi panen.

“Petani hanya berhasil memanen paksa tanaman padi seluas 20 hektare,” jelasnya.

Menurut dia, tanaman padi yang dipanen paksa itu, mengalami penurunan produksi sekitar 30 persen, karena belum waktunya dipanen.

“Tanaman padi di desa kami seharusnya panen normalnya dua pekan lagi,” ucapnya.

Keterangan lain yang diperoleh, banjir bandang juga melanda Desa Tambakromo, Suumberrejo, yang menerjang 100 rumah dan satu ekor sapi hanyut. (*/mcb)

Leave a Comment