Share

Pemkab Kaji Gedung RSUD Lama Jadi RSJ

Bojonegoro, 13/3 (Media Center) – Dinas Kesehatan mengaku, masih menunggu hasil kajian untuk status gedung lama rumah sakit umum daerah (RSUD) Sosodoro Djatikusumo di Jalan dr Cipto yang akan dijadikan Rumah sakit Jiwa setelah semua fasilitas dipindahkan ke gedung baru RSUD Tipe B di jalan Veteran, Bojonegoro.

“Kami masih menunggu hasil kajian, harapannya ya segera,” ujar Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan, Pemkab Bojonegoro, Totok Ismanto, Senin (13/3).

Dia mengungkapkan, saat ini untuk perawatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) masih pada satu tempat yakni di Puskesmas Kalitidu. Padahal, jumlah ODGJ setiap tahunnya diprediksi meningkat.

“Tahun sebelumnya ada 15 orang penderita ODGJ, tahun ini meningkat jadi 21 orang,” imbuhnya.

Dia menyatakan, dari jumlah tersebut hampir semuanya dalam keadaan terpasung di rumah masing-masing. Biasanya dilakukan oleh keluarga karena takut merusak atau mengancam keselamatan orang lain.

“Untuk itu, kami menyiapkan satu petugas dari puskesmas untuk melakukan perawatan,” pungkasnya.

Penderita sakit jiwa yang masih dipasung tersebut tersebar di Desa Karangsono dan Sumbertlaseh Kecamatan Dander, Desa Kayu Lemah Kecamatan Sumberejo, Desa Temu Kecamatan Kanor, Desa Pajeng dan Desa/Kecamatan Gondang, Desa Leran dan Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Desa Mulyoagung Kecamatan Kota, dua penderita di Desa Gunungsari dan Desa Sumberejo Kecamatan Baureno, Desa Bayem Gede Kecamatan Kepohbaru, Desa Megale Kecamatan Kedungadem, dan Desa Banjarejo Kecamatan Padangan. (dwi/mcb)

Leave a Comment