Share

Pemkab Longgarkan Perizinan di Tingkat Daerah

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan mendukung pendirian pabrik pupuk urea yang memanfaatkan produksi  dari lapangan gas Jambaran-Tiung Biru-Cendana oleh PT Pupuk Kujang dengan mempermudah perizinan di tingkat daerah.

“Tentunya setelah mendapatkan izin dari Menteri Kehutanan dalam melakukan pembebasan lahan,” ungkap Sekretaris Kabupaten Bojonegoro, Soehadi Moelyono, Sabtu (28/11).

Dia menyatakan, izin yang dibutuhkan dalam mendirikan pabrik diantaranya izin mendirikan usaha (IMB), izin gangguan (HO) dan izin usaha. Hal itu sudah dipersiapkan oleh Pemkab setempat dan menjamin tidak ada yang dipersulit dan  hanya menunggu saat pelaksanaannya tiba.

” Bahkan kami berharap mereka segera beroperasi,karena pada akhir 2015 ini produksi Blok Cepu akan mencapai 165 Ribu Barel per hari,” tukasnya.

Pihaknya juga merencanakan perekrutan tenaga kerja diambil dari lokal Bojonegoro,bahkan menyiapkan BUMD untuk terlibat pada industri turunan sebanyak 10 macam. Namun begitu,pihaknya enggan menyebutkan jenis industri ikutan tersebut.

Sementara itu, General Manager PT Pupuk Kujang, Sukamto, mengatakan, pupuk urea nantinya memiliki kapasitas produksi sebesar 3500 Ton/hari dengan pemanfaatan gas sebesar 85 million metrict british thermals units (MMBTU) dan kebutuhan air sebesar 1500 meter kubik perhari.

” Kami akan terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Bojonegoro ya,jadi masih panjang prosesnya,” pungkas Kamto.(dwi/mcb)

Leave a Comment