Share

Pemkab Siagakan Desk Pilkada Untuk Lancarkan Pemilu

Bojonegoro, 26/6 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah menyiagakan desk pemilihan kepala daerah (pilkada) untuk beroperasi 24 jam sehari sejak Selasa (26/6) hingga Kamis (28/6) usai pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dalam ajang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro juga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang akan berlangsung pada Rabu (27/6).

Hal ini sesuai dengan instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang meminta daerah untuk membentuk desk pilkada. Desk ini berfungsi mengawal penyelenggaraan pilkada serentak. Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono mengatakan, tugas dimaksud antara lain melakukan sosialisasi dan pemantauan pelaksanaan pilkada, menginventarisasi dan mengantisipasi masalah-masalah terkait pelaksanaan pilkada, dan memberikan saran-saran penyelesaian permasalahan pilkada.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpolinmas) Pemkab Bojonegoro, Kusbiyanto mengatakan Desk pilkada yang diisi oleh petugas gabungan dari Pemkab, Kejaksaan, Polri serta TNI ini disiagakan 24 jam nonstop hingga penghitungan suara usai digelar.

“Tapi desk ini tidak bertindak seperti penyelenggara. Desk ini hanya membantu untuk menyukseskan pilkada,” paparnya.

Selain itu, salah satu fungsi desk pilkada adalah meningkatkan angka partisipasi pemilih. Di Kabupaten Bojonegoro, pemkab menargetkan angka partisipasi pemilih mencapai 75 persen.

“Jumlah ini berdasarkan angka pertisipasi di pilkada Bojonegoro 2012 lalu sebanyak 72 persen,” ungkap Pj Sekda Bojonegoro, Yayn Rohman saat melakukan video conference dengan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).(*mcb)

 

Leave a Comment