Share

Pemkab Siap, 1.240 Jiwa Mengungsi Siang Ini

Hingga siang ini (Minggu, 15/12/2013) tercatat sebanyak 31 desa tergenang luapan sungai Bengawan Solo yang melintas di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Diantaranya adalah yang ada di wilkayah Kecamatan Balen, Kapas, Trucuk, Kota, Padangan, Kalitidu, Kanor dan sejumlah kecamatan lain yang berada di bantaran sungai.

Dari data yang dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), hingga saat ini warga telah melakukan pengungsian. Diantaranya adalah 1.240 jiwa di Ledokwetan sudah mengungsi, titik pengungsian yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro adalah di Gedung Serbaguna dan sepanjang tanggul di kawasan tersebut.

Data lain menyebutkan, seluas 150 hektar lahan pertanian padi di Desa Dengok Padangan adalah areal terluas yang terdampak luapan air sungai Bengawan Solo. Hingga tengah hari tadi, seluas 1.515 hektar lahan sawah padi di Bojonegoro sudah tergenang. Untuk jumlah total rumah yang tergenang mencapai 1.705 rumah.

Data terkini tersebut adalah data per pukul 12:00 siang, Tanggal 15 Desember 2013. Pemkab Bojonegoro sendiri melalui beberapa Satuan Kerjanya, dibantu oleh aparat kepolisian dan TNI juga telah mendirikan posko banjir di sejumlah titik. Sementara itu, bagian logistik juga telah disiapkan untuk mendistribusikan bantuan sewaktu-waktu bila diperlukan.

 

Leave a Comment