Share

Pencari Kartu Miskin di Bojonegoro Capai 25 Warga/Hari

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan jumlah pencari kartu rekomendasi miskin, yang bisa dimanfaatkan untuk berobat gratis di rumah sakit umum daerah (RSUD) dan puskemas, rata-rata sekitar 25 warga/hari.

“Pencari kartu rekomendasi miskin untuk berobat tetap stabil, dengan jumlah rata-rata 25 warga/hari, sejak ditangani Disnakertransos 1 Januari lalu,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan Peningkatan Kesejahteraan Sosial Disnakertransos Bojonegoro, Dwi Harningsih, Selasa (28/7).

Ia menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi warga untuk memperoleh surat rekomendasi miskin. Yang paling utama adalah memperoleh surat keterangan miskin yang ditandatangani kepala desa (kades).

“Sesuai surat keterangan miskin dari kades yang pokok berisi penghasilan yang bersangkutan hanya sekitar Rp300 ribu/bulan,” ucapnya.

Berdasarkan hal itu, lanjut dia, Disnakertransos kemudian mengeluarkan surat rekomendasi miskin, yang bisa dimanfaatkan untuk berobat secara gratis di RSUD dan puskesmas untuk kelas III.

Sesuai data, Disnakertransos sudah mengeluarkan 3.424 surat keterangan rekomendasi miskin, sejak Januari sampai Juli. Ia juga mengatakan Disnakertransos bisa  mengeluarkan surat keterangan rekomendasi miskin karena memperoleh instruksi dari Menteri Sosial.

Instruksi tersebut dikeluarkan dengan mempertimbangkan masih ada warga miskin di daerahnya, yang belum terdata, sehingga tidak memperoleh kartu jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) dan jamkesda.

Padahal, menurut dia, sesuai data Kementerian Sosial yang dikeluarkan pada 2011, jumlah warga miskin di daerahnya yang memiliki kartu perlindungan sosial (KPS) sebanyak 572.341 jiwa.

Namun, jelas dia, berdasarkan data pada 2011, jumlah warga yang memiliki kartu jamkesmas sebanyak 118.354 jiwa dan kartu jamkesda berdasarkan pendataan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Bappeda pada 2014 sebanyak 163.190 jiwa.(sa/*mcb)

Leave a Comment