Share

Pencari SIM di Bojonegoro Didominasi Permintaan Perpanjangan

Bojonegoro, 5/7 (Media Center) – Pencari SIM di Kantor Lantas Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, didominas permintaan perpanjangan baik SIM C maupun SIM A, disebabkan adanya cuti bersama libur lebaran sejak 23 Juni-2 Juli,” kata Petugas Bagian Urusan SIM Polres Bojonegoro Aiptu Pol. Buntoro, di Bojonegoro, Rabu (5/7/2017).

“Meningkatnya jumlah pencari SIM karena adanya libur lebaran,” kata dia.

Ia menyebutkan jumlah pencari SIM pada hari-hari biasa maksimal hanya sekitar 150 warga yang mencari SIM A dan B, termasuk perpanjangan.

Namun, lanjut dia, pada hari pertama Senin (3/7) jumlah pencari SIM yang datang sekitar 350 warga dan pada Selasa (4/7) meningkat mencapai 500 warga.

“Sekarang juga masih banyak yang antre untuk mencari SIM terutama pengajuan perpanjangan,” ucapnya menambahkan.

Terkait perpanjangan SIM, lanjut dia, Kapolri telah mengeluarkan keputusan No : STR/396/VI/2017 berisi dengan adanya cuti bersama lebaran yang jatuh pada 23 Juni sampai dengan 2 Juli 2017.

Di dalam keputusan yang disampaikan melalui surat telegram itu disebutkan masyarakat yang memiliki SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal tersebut diberi toleransi selama sepekan.

Bagi masyarakat pemegang SIM yang sudah lewat masa berlakunya dan tidak diperpanjang sampai dengan 7 Juli 2017 maka dinyatakan SIM tidak berlaku lagi.

Dengan demikian, menurut dia, SIM tersebut tidak berlaku lagi dan tidak dapat melakukan proses perpanjangan SIM. Memperoleh SIM baru bisa dilakukan, tetapi harus mengikuti proses penerbitan SIM baru dengan persyaratan administrasi, ujian juga persyaratan lainnya.

“Kami juga memasang pengumunan Bapak Kapolresi terkait perpanjangan SIM di pintu masuk agar pencari SIM tahu,” katanya menjelaskan. (*/mcb)

Leave a Comment