Share

Pencetakkan Administrasi Kependudukan Dapat Dilakukan di Kecamatan

Bojonegoro, Media Center – Bagi masyatakat Bojonegoro yang memegang surat keterangan (Suket) administrasi kependudukan baik pemohon KTP elektronik (e-KTP) pemula, Kartu Identitas Anak (KIA), dan Kartu Keluarga, dapat melakukan pencetakkan di kantor kecamatan masing-masing atau Mall Pelayanan Publik di Jalan Vetaran.

Bagi pemegang suket dapat dicetakkan e- KTP di kecamatan masing-masing dengan persyaratan surat keterangan asli dan fotocopy KK terbaru. Bagi pemohon e KTP pemula harus melakukan perekaman di kantor kecamatan dan bisa langsung dicetakkan KTP dengan persyaratan membawa surat pengantar dari kelurahan dan fotocopy KK.

Bagi pemohon KAI dapat mendatangani kantor kecamatan masing-masing dengan persyaratan mengisi formulir, membawa fotocopy KK, akte kelahiran, KTP kedua orang tua, dan pas foto ukuran 2×3 untuk kelahiran genap warna biru dan ganjil warna merah.

Sedangkan persyaratan pemohon KK persyaratannya membawa formulir KK F1.01 dan data pendukung perubahan seperti ijazah, akte nikah, akte cerai, surat kematian dari desa dan lain-lain.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bojonegoro, M. Chosim menjelaskan, pencetakkan adminduk di kantor kecamatan ini sebagai salah satu implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagr)i RI Nomor 7 Tahun 2019 untuk menuju Dukcapil Go Digital melalui tanda tangan elektronik.
“Penerapan TTE ini merupakan salah satu langkah maju demi menciptakan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih baik,” tegasnya.

Penerapan TTE untuk administrasi kependudukan ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat Bojonegoro untuk mendapatkan pelayanan tanpa harus datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bojonegoro. Masyarakat hanya cukup datang ke Kantor Kecamatan masing – masing sesuai lokasi alamat tempat tinggal.

“Dengan berlakunya TTE ini dapat memberikan pelayanan yang mudah, murah, cepat dan nyaman serta mengurangi resiko keselamatan masyarakat Bojonegoro dalam kepengurusan dokumen administrasi kependudukan,” tandasnya.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada semua pemohon datang sendiri, jangan melalui calo atau perantara dalam pengurusan administrasi kependudukan. Karena semua jenis pelayanan yang diberikan tidak dipingut biaya alias gratis.

“Kecuali bagi pemohon yang berhalangan tetap seperti cacat, lumpuh, tua renta dapat di wakilkan atau dikuasakan ke orang lain dilengkapi surat kuasa,” pungkas Chosim.(Dwi)

Leave a Comment