Share

Pendaftar Pelatihan di Bojonegoro Capai 12.770 Peserta

Bojonegoro (Media Center) – Disnakertransos Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan pendaftar program berbagai pelatihan tenaga kerja sebagai antisipasi berakhirnya proyek minyak Blok Cepu, mencapai 12.770 peserta, melampaui target yang ditetapkan sebanyak 12.000 paket.

“Kelebihan pendaftar pelatihan keterampilan sebanyak 770 peserta tidak kita tolak. Pelaksanaannya, dengan mengalokasikan anggaran melalui APBD Perubahan,” kata Kepala Bidang Pengembangan Penempatan Kerja dan Trasmigrasi Disnakertransos Bojonegoro Joko Santoso, di Bojonegoro, Selasa (11/8).

Ia menjelaskan program pelatihan dengan jumlah 12.000 paket, dalam pelaksanaannya dialokasikan dengan anggaran sebesar Rp9,6 miliar dari APBD 2015.

Program pelatihan keterampilan itu, terbagi menjadi 33 kejuruan, dengan rincian 21 kejuruan wira swasta, antara lain, menjahit, membuat kue, rias pengatin dan 12 kejuruan sertifikasi.

Sesuai data, selama semester I tercatat, sebanyak 4.363 peserta yang sudah mengikuti berbagai program pelatihan ketrampilan baik wira usaha, maupun sertifikasi dan semester II, jumlah pendaftarnya sebanyak 8.407 peserta.

“Tahun ini berkisar 5.000-6.000 tenaga kerja proyek minyak Blok Cepu, yang berakhir kontraknya,” katanya.

Ia menambahkan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), juga menggelar berbagai pelatihan keterampilan untuk 160 paket tenaga kerja warga ring I di sejumlah desa di Kecamatan Gayam.

“Program pelatihan keterampilan yang dilaksanakan EMCL juga mengantisipasi berakhirnya proyek minyak Blok Cepu. Tapi, pesertanya khusus warga ring I, baik tenaga kerja yang berakhir kontraknya atau keluarga tenaga kerja,” jelasnya. (sa/mcb).

Leave a Comment