Share

Pendaftar Seleksi Sekda Bojonegoro Diprediksi Menjelang Penutupan

Bojonegoro, Media Center – Seleksi pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro, diprediksi mulai ramai pendaftar menjelang penutupan. Lelang jabatan ini dibuka mulai 9 hingga 23 September 2019 mendatang.

“Biasanya lastminute banyak,” Pj Sekda Bojonegoro, Abimanyu Poncoatmojo di depan Gedung Pemkab, Kamis (12/9/2019) kemarin.

Abimanyu optimis seleksi terbuka ini tidak akan diperpanjang masa pendaftarannya. Panitia seleksi telah mengubah salah satu persyaratan bagi calon pendaftar. Dari semula serendah – rendahnya berpangkat pembina utama muda atau IV/c, diturunkan menjadi serendah rendahnya berpangkat Pembina tingkat IV/b.

Perubahan grade ini, kata dia, tidak menyalahi aturan yang berlaku. Diharapkan akan semakin banyak calon yang mendaftar.

“Mudah-mudahan nggak sampai diperpanjang. Udah grade-nya kayak gitu,” harapnya.

Ditanya jika yang mendaftar di bawah empat orang, Abimanyu menegaskan, waktu pendaftaran akan diperpanjang lagi selama 15 hari.

Dijelaskan, setelah mendapatkan calon pendaftar minimal empat orang akan dilakukan seleksi administrasi. Dilanjutkan assessment- proses untuk mengetahui kemampuan seseorang, terhadap suatu kompetensi, berdasarkan bukti-bukti-mulai dari wawancara, psikotes.

“Tiga orang akan ditetapkan kemudian dilaporkan kepada Gubernur untuk ditetapkan satu orang. Tapi nanti sebelumnya dilaporkan ke komisi aparatur sipil negara ata KASN,” tutur Abi Manyu.

Pengumuman seleksi itu sesuai Nomor : 02/PANSEL-JPTP.SEKDA/BJN/2019 tentang Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Bojonegoro Tahun 2019.

Seleksi terbuka ini bukan hanya untuk aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab Bojonegoro, tapi seluruh ASN di wilayah Jatim bisa mengikutinya.

Ada 16 persyaratan administrasi yang harus dipenuhi bagi calon pendaftar seleksi. Pertama, berstatus Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten/Kota/Provinsi di Wilayah Provinsi Jawa Timur, berusia setinggi-tingginya 56 (lima puluh enam) tahun pada saat penetapan/pelantikan (tanggal pelantikan 31 Oktober 2019), serendah-rendahnya berpangkat Pembina Utama Muda (IV/b), sedang/pernah menduduki Jabatan Struktural Eselon II.b sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.

Kemudian, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Strata-I (S-I) atau Diploma IV (D-IV), mendapatkan persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota asal, setiap unsur Penilaian Prestasi Kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir, tidak sedang/pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin tingkat sedang atau berat serta tidak sedang dalam pemeriksaan perkara pidana, memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan, dan memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik.

Syarat lainnya, telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat II atau yang setara, sehat jasmani dan rohani dan bebas narkoba dibuktikan dengan surat keterangan dari Dokter Pemerintah, tidak berkedudukan sebagai pengurus/anggota Partai Politik, telah menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT) Tahun 2018, dan terakhir telah menyerahkan laporan harta kekayaaan penyelenggara negara (LHKPN).(Dwi)

Berikut jadwal kegiatan Seleksi Terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro :

1. Pengumuman tanggal 9 s.d 23 September 2019

2. Pendaftaran dan Penerimaan Berkas tanggal 9 s.d 23 September 2019

3. Seleksi Administasi tanggal 25 September 2019

4. Pengemuman Hasil Seleksi Administrasi tanggal 27 September 2019

5. Seleksi Kompetensi Manajerial tanggal 1 s.d 2 Oktober 2019

6. Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Manajerial tanggal 8 Oktober 2019

7. Seleksi Kompetensi bidang/teknis dan sosio kultural
a) Penulisan Uji gagasan/makalah tanggal 10 Oktober 2019
b) Presentasi makalah tanggal 14 Oktober 2019
c) Rekam jejak tanggal 15 Oktober 2019
d) Wawancara akhir tanggal 15 s.d 16 Oktober 2019

8. Pengumuman seleksi kompetensi bidang/teknis dan sosio kultural tanggal 21 Oktober 2019

9. Penyampaian hasil akhir kepada pejabat Pembina kepegawaian tanggal 22 Oktober 2019

10. Penyampaian proses dan hasil seleksi kepada KASN tanggal 23 Oktober 2019

11. Pemilihan, penetapan dan pelantikan JPT oleh PPK tanggal 31 Oktober 2019

12. Penyampaian laporan berita acara dan keputusan pelantikan kepada KASN tanggal 5 November 2019

Leave a Comment