Share

Peneliti Sosial Malaysia Ingin Tahu Bupati Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslitbang) LPPM Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Yogyakarta, Dr. Sri Suryaningsum, menyatakan peneliti-peneliti sosial di Malaysia tertarik ingin mengetahui lebih jauh kepemimpinan Bupati Bojonegoro Suyoto.

“Peneliti-peneliti sosial Malaysia tertarik ingin mengenal sosok “Kang Yoto”, sebagai pemimpin yang istimewa,” katanya, kepada kanalbojonegoro, Kamis (31/12).

Lebih lanjut ia menjelaskan Tim UPN yang terdiri dari Sri Suryaningsum, M.Irhas Effendi, R Hendri Gusaptono, telah membuat tulisan terkait kepemimpinan Bupati Bojonegoro Suyoto, dalam menerapkan sistem demokrasi dan mengentas kemiskinan.

Tulisan dengan judul “Bojonegoro District, The Best Governance Role in Indonesia’s Economic Development and Poverty Alleviation”, diterbitkan University Sains Malaysia, pada 27 Agustus 2015.

“Tulisan itu termuat di dalam prosiding Internasional USM “International Conference on Social Sciences”/ICOSS 2015. Selain itu, juga sudah diseminarkan di Malaysia,” jelas dia.

Dalam seminar, lanjut dia, banyak peneliti sosial yang memberikan tanggapan positif terkait kepemimpinan Suyoto.

Secara sekilas, ia memberikan gambaran terkait tulisannya itu bahwa Kabupaten Bojonegoro, memiliki peran pemerintahan terbaik pembangunan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Penulisan ini menggunakan metode pengumpulan data dari berbagai sumber, tapi ditentukan dalam kurun waktu sejak 2008 Sampai sekarang ini.

“Penentuan kurun wakut merupakan acuan untuk menandakan perkembangan pemerintahan, terutama dalam pengentasan kemiskinan, di Bojonegoro,” katanya, menegaskan.

Menurut analisis dapat disimpulkan bahwa pemerintahan di Bojonegoro berkembang dari waktu ke waktu di bawah kepemimpinan Bupati Bojonegoro, Suyoto.

“Tujuan penulisan adalah sebagai bahkan peran terbaik tata kelola yang baik untuk setiap daerah di Indonesia, sehingga daerah lainnya bisa meniru kepemimpinan Suyoto, dalam upaya pengentasan kemiskinan,” jelasnya. (*/mcb)

Leave a Comment