Share

Pengamanan Natal Di Bojonegoro Libatkan Perguruan Silat

Bojonegoro (Media Center) – Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), melibatkan personel perguruan pencak silat sebagai usaha mencegah terjadinya aksi terorisme di dalam perayaan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.

“Pengamanan perayaan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 melibatkan personel perguruan pencak silat, tidak hanya personel polres dan jajaran instansi terkait,” kata Kapolres Bojonegoro AKBP Edy Wibowo, usai upacara gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2013 di Bojonegoro, Sabtu (21/12/2013).

Ia yang didampingi Kepala Sapol PP Pemkab Kusbiyanto, juga pimpinan jajaran instansi terkait lainnya, menyebutkan petugas polres yang dikerahkan sebanyak 950 personel, Brimob Polda Jatim di Bojonegoro 100 personel, dan Satpol PP 200 personel.

Selain itu, juga Kodim 0813 sebanyak 100 personel, Sub DenPom V/2-1 Bojonegoro satu regu dan puluhan personel dari anggota perguruan pencak silat.

“Kita harapkan personel perguruan pencak silat ikut berperan mengamankan masyarakat yang melaksanakan perayaan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014,” katanya, menegaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan pengamanan yang akan dilakukan personel pengamanan dengan mengambil fokus malam perayaan Natal 2013 dan malam perayaan Tahun Baru 2014.

“Sesuai data yang kami terima di Bojonegoro ada 46 Gereja yang menggelar misa Natal. Jumlah personel yang kami tempatkan terbanyak di Gereja Santo Paulus dengan jumlah sekitar 17 personel, karena jumlah yang akan mengikuti misa sekitar 500 umat lebih,” paparnya.

Di Geraja lainnya, lanjutnya, jumlah personel yang akan ditempatkan bervariasi bergantung jumlah umat yang mengikuti misa.

Ia juga sudah meminta kepada seluruh personel yang bertugas secepatnya melakukan identifikasi permasalahan yang ada di lapangan sebagai antisipasi awal.

“Yang terpenting pengamanan petugas yang dilakukan harus mampu menciptakan kondisi yang aman, lancar dalam perayaan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 sehingga masyarakat merasa nyaman,” katanya, menegaskan. (samcb)

Leave a Comment