Share

Pengeboran Sumur Gas J-TB Tunggu Instruksi Kementerian ESDM

Bojonegoro (Media Center) – Pertamina EP Cepu (PEPC) akan melakukan pengeboran enam sumur gas di lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB). Gas yang akan dihasilkan nantinya diperkirakan sebesar 180 juta standart kaki kubik per hari.

“Pengeborannya menunggu persetujuan terlebih dahulu dari Kementrian ESDM, kami belum tahu kapan,” kata Government Affair Manager PEPC, Abdul Malik, Sabtu (20/2).

Pengeboran sumur gas akan dilakukan bersama-sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Dengan rincian, empat sumur dikerjakan EMCL, sementara dua lainnya dikerjakan PEPC.

“Untuk lapangan minyak Blok Cepu operatornya EMCL, sementara pengembangan gas lapangan J-TBR, untuk operatornya PEPC,” imbuhnya.

Sesuai perhitungan, enam sumur gas lapangan Jambaran-TBR akan mampu memproduksi gas sebesar 180 juta standar kaki kubik per hari. Produksi gas sebesar itu akan dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan PT Pupuk Kujang.

“Sisanya mungkin bisa saja dijual kepada PLN,” tandasnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan pengeboran sumur gas tersebut, PEPC akan menggandeng kontraktor yang berpengalaman dalam bidang drilling.(dwi/mcb)

Leave a Comment