Share

Pengisian Perangkat Desa di Bojonegoro Tunggu Perda SOTK

Bojonegoro, 31/8 (Media Center) – Sebanyak 546 perangkat desa/kelurahan yang tersebar di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, hingga kini belum terisi.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bojonegoro Jumari, mengatakan, untuk pengisian perangkat desa tersebut, Pemkab Bojonegoro, masih menunggu pengesahan peraturan daerah SOTK (Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan desa) sebagai dasar hukum.

“Dengan adanya dasar hukum itulah, pengisian pengisian perangkat desa bisa dilakukan,” ujarnya, Rabu (31/8).

Saat in ini Perda SOTK tengah dievaluasi oleh Gubernur Jawa Timur. Apabila sudah disetujui, maka perda baru bisa diundangkan kembali oleh Bupati Bojonegoro.

Selain pengisian perangkat desa, pemilihan kepala desa (pilkades) juga menunggu pengesahan perda SOTK. Karena, ada perubahan tentang susunan delam struktur pemerintahan desa itu.

“Berdasarkan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, ada perubahan dalam susunan perangkat desa. Kalau dulu hanya ada kepala urusan (kaur), sekarang selain ada kaur juga ada kepala seksi (kasi),” pungkasnya.(dwi/mcb)

1 Comment on this Post

  1. marida harii

    Maav mau tanya adakah batasan umur untuk seleksi perangkat desa, dan sekarang perda dab stok apa sudah turun di kab. Bojonegoro

    #terima kasih

    Reply

Leave a Comment