Share

Pentas Wayang Kulit Awali Ruwatan Masal

Bojonegoro, 7/10 (Media Center) – Pemeribtah Kabupaten (pemkab) Bojonegoro menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk di halaman dan pendapa kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Sabtu (6/10). Pagelaran wayang ini digelar sebelum mengadakan Ruwatan massal pada Minggu (7/10) pagi di Gedung Tri Dharma.

Dalam acara yang digelar untuk memperingati bulan Syuro ke 2930 Tahun Jawa ini, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah yabg hadir disambut meriah dengan alunan lagu yang dibawakan oleh empat pesinden dan diiringi dengan tetabuhan gamelan jawa .

Tiga dalang yang pentas secara maraton semalam suntuk dalam agenda ini adalah Ki Wardan Guna Carito Wibisono dari Bojonegoro, Ki Muri Mudo Darsono dari Padangan dan Ki Darjo Ragil Sajito dari Sukosewu.

Pagelarang Wayang Kulit ini , berhasil memikat hati para remaja dan orang dewasa sehingga pagelaran wayang kulit ini ramai dikunjungi warga setempat .

Dihadiri juga oleh Bupati Bojonegoro , Ketua DPRD kabupaten Bojonegoro , Lembaga Pengkajian Pengembangan dan Pelestarian Cabang Bojonegoro (LP3BJ) , Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro dan Juga masyarakat Bojonegoro yang ikut meramaikan acara pagelaran wayang kulit tersebut .

“Seharusnya, anak anak dibelajarkan dan dikenalkan kebudayaan adat jawa sejak dini, sehingga kebudayaan adat jawa kita ini masih tetap utuh. Lihatlah sekarang, anak muda banyak yang mengidolakan artis luar Negeri dibandingkan mengidolakan kebudayaan kita sendiri. Sangat perlu kebudayaan adat jawa ini diperkenalkan kepada anak diusia dini dan tetap dilestarikan” ungkap Anna Muawanah dalam sambutannya.(*lya/mcb)

Leave a Comment