Share

Penyaluran BLT Tahap III di Bojonegoro Ditarget Tuntas Bulan Ini

Bojonegoro, Media Center – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro meminta kepada desa-desa untuk segera menyelesaikan administrasi agar dapat segera menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) tahap III.

Kepala Dinas PMD Bojonegoro, Machmuddin menyampaikan, dari 419 desa di 28 kecamatan baru 220 yang sudah menyalurkan BLT DD tahap III.

“Target kita bulan ini penyaluran selesai,” tegas Machmudin, Selasa (14/7/2020).

Sama seperti tahap sebelumnya, setiap keluarga penerima manfaat (KPM) memperoleh bantuan tunai sebesar Rp600.000/bulan. Di antara kriteria penerimanya adalah warga tidak mampu yang yang belum terdaftar atau menerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

“Bantuan ini untuk masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19,” tegasnya.

Sementara salah satu desa yang hari ini menyalurkan BLT DD tahap III adalah Desa Gayam. Jumlah penerima bantuan sebanyak 127 KPM.

Kepala Desa Gayam, Winto menyampaikan, data penerima BLT DD tahap II dan III di desanya ada perubahan karena penerima sebelumnya terdaftar sebagai penerima bantuan langsung tunai (BST), dan PKH. Untuk tahap II sebanyak 21 KPM, dan tahap III sejumlah tiga orang.

“Kita alihkan ke keluarga miskin yang belum dapat PKH maupun BPNT,” tegasnya.

Winto berharap agar bantuan yang diterima ini digunakan untuk kebutuhan sehari-sehari. Seperti membeli sembako atau modal usaha.

“Jangan untuk kebutuhan konsumtif,” pesan kepala desa dua periode itu.(Dwi)

Leave a Comment