Share

PEPC Bayarkan Uang Tanah Langsung Ke Rekening

Bojonegoro (Media Center) – Pertamina EP Cepu membayarkan uang pembebasan tanah sebesar Rp41 miliar langsung ke rekening 90 warga pemilik tanah seluas 14 hektare di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (26/10).

“Tanah yang dibebaskan rencananya akan dimanfaatkan lapangan gas Jambaran-Tiung Biru (TBR), juga berbagai keperluan lainnya, seperti perpipaan,” kata “Land and Regulation Manager” PEPC Tutuko Widodo, di Bojonegoro, Senin (26/10).

Ia menjelaskan PEPC menyerahkan uang pembebasan tanah kepada 90 warga pemilik tanah seluas 14 hektare, karena sudah ada perintah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk melakukan pembayaran pembebasan tanah.

“BPN selaku Ketua Tim Pembebasan Tanah pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR, sudah mengeluarkan perintah pembayaran uang tanah, pada Oktober ini,” ucapnya.

Didampingi “Public and Goverment Affairs” PEPC Pandu Subiyanto, ia menyebutkan sesuai perhitungan Tim Appraisal harga tanah yang dibebaskan rata-rata sekitar Rp200 ribu/meter persegi, tapi ada juga yang di atas Rp200 ribu/meter persegi.

Ia menambahkan PEPC juga masih memproses pembebasan tanah yang akan dimanfaatkan untuk pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR seluas 24 hektare, yang lokasinya tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Ngasem dan Tambakrejo.

“Tanah yang akan dibebaskan milik Perhutani, dan lainnya milik warga,” ucapnya.

Secara terpisah, Bupati Bojonegoro Suyoto, menyatakan mendukung pola pembayaran pembebasan tanah lapangan migas yang harus berdasarkan perintah BPN.

“Pemkab lebih senang, sebab tidak terlibat dalam pembebasan tanah,” ucapnya, menegaskan.

Yang jelas, menurut dia, pemkab akan terus mendesak kepada SKK Migas agar pekerjaan pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR, bisa dilaksanakan awal 2016.

Pertimbangannya, lanjut dia, proyek minyak Blok Cepu di Kecamatan Gayam, akan berakhir 2015.

“Pekerjaan pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR, akan menampung ribuan tenaga kerja yang berakhir masa kontraknya,” tandasnya. (*/mcb)

Leave a Comment