Share

PEPC dan Rekind Tandatangani Proyek EPC GPF

Bojonegoro, 5/12 (Media Center) – Operator Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB) Pertamina EP Cepu (PEPC) melakukan penandatanganan kontrak proyek Engineering Procurement and Constructions (EPC) Gas Processing Facilities (GPF) di Jakarta pada Senin (4/12/2017).

“Proyek Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru diperkirakan dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi sekitar 6.000 tenaga kerja pada puncak pelaksanaan proyek,” kata PGA Manager and Relations PEPC, Kunadi, Selasa (5/12/2017).

Pihaknya berharap, pasca penandatanganan tersebut semua elemen bisa mendukung untuk kelancaran pelaksanaan project EPC GPF agar tepat waktu, tepat anggaran, tepat spesifikasi, dan tepat hasil.

“Mohon dukungan yang maksimal,” tegasnya.

Lapangan Jambaran Tiung Biru (JTB) merupakan Lapangan Unitisasi antara Lapangan Jambaran yang masuk Wilayah WK Cepu dan Lapangan Tiung Biru yang masuk Wilayah WK Pertamina EP, melalui surat Menteri ESDM pada tanggal 28 Februari 2013, menyatakan bahwa MESDM menyetujui Unitisasi dari Lapangan Jambaran dan Tiung Biru dengan PEPC sebagai Operator Lapangan Unitisasi JTB.

POD original untuk pengembangan proyek gas terintegrasi lapangan JTB dan Cendana telah disetujui oleh SKKMigas pada tanggal 13 Februari 2013. Dalam usaha optimalisasi proyek maka operator mengajukan POD revisi yang hanya mengembangkan Unitisasi Lapangan JTB tanpa Cendana. Terhadap usulan tersebut, SKK Migas sudah menyetujui Revisi POD tanggal 17 Agustus 2015.

Sejalan dengan turunnya harga minyak dan gas dunia, pembeli gas Lapangan Unitisasi JTB menyatakan tidak dapat membeli gas dengan harga sesuai POD, sehingga keekonomian Lapangan Unitisasi JTB terkoreksi turun. Berdasarkan Surat Menteri MESDM No. 9/13/MEM.M/2017 kepada Direktur Utama PT Pertamina (Persero) pada tanggal 3 Januari 2017 perihal Pengembangan Lapangan Jambaran‐Tiung Biru, Pertamina diminta untuk menyelesaikan secara B2B dengan para partner‐nya dan PT Pertamina EP Cepu selaku operator Lapangan JTB siap melaksanakan pengembangan Lapangan JTB secara penuh.(*dwi/mcb)

Leave a Comment